Sunday, November 19, 2006

Akbar Tanjung yang saya kenal.

Tulisan ini saya buat sekedar kenang-kenangan kepada Bung Akbar,yg tidak terpilih lagi sebagai Ketua Umum Partai Golkar,dikalahkan oleh Jusuf Kalla,sang Wapres.Saya mengetahui Akbar sebagai mahasiswa FTUI,jurusan Elektro angkatan 63,sementara saya adalah mahasiswa ITB,jurusan Elektro angkatan 65.Saya pertama sekali mengaguminya,saat diadakan pertemuan empat organisasi mahasiswa HMI,GMNI,GMKI dan PMKRI,secara nasional di Cipayung yang kemudian dapat melahirkan kesepakatan Cipayung,yaitu Indonesia yg dicita-citakan.Saya hadir sebagai wakil GMKI Bandung selaku Ketua.Akbar sebagai Ketua Umum PB HMI dengan piawi dapat mengakomoder seluruh kepentingan peserta. Kemudian hari diapun terpilih menjadi Ketua Umum KNPI,Komite Nasional Pemuda Indonesia,organisasi pemuda yg direstui oleh Pemerintah pada saat itu.Dari sana dia masuk menjadi pengurus inti GOLKAR,kemudian menjadi Menteri lalu menjadi Ketua Umum GOLKAR pada masa-masa yg sangat sulit,karena ada perubahan politik dari Orde Baru menjadi Orde Reformasi.Kekalahannya dari Jusuf Kalla,sempat mengundang simpati banyak pihak,termasuk saya sendiri.Namun yg saya kagumi lagi dari dia,tidak pernah muncul keinginannya untuk meninggalkan GOLKAR,walaupun GOLKAR sudah melecehkan dia.Sikap dia ini menunjukkan kedewasaan berpolitik yg patut ditiru berbagai pihak di Republik ini.Pemerhati politik Ir.B.Simarmata MM.

2 Comments:

Blogger desmon said...

hmmm, GMKI Bandung angkatab berapa bang? Skrg dah mau konpercab ke XXXIII tanggal 23-25 Mei 2008 ini di wisma kinderdof Lembang Bandung.

1:47 AM  
Blogger Buntu Sijagat said...

beliau itu orangnya sabar
ketika beliau mau diangkat sebagai Menteri Muda: Pemuda dan Olahraga, beliau diminta harus menyelesaikan studinya, rupanya waktu ada persyaratan minimal seperti calon menteri lainnya untuk Menteri Muda Kehutanan.
akhirnya dipilihlah salah satu gurubesar dari perguruan tinggi untuk membimbing penyelesaian studinya. Dengan syarat gurubesar pembimbing itu tidak terkait dgn masalah politik dalam negeri dan dipilih yg teknolog.

10:52 PM  

Post a Comment

<< Home