Wednesday, November 22, 2006

Bagir Manan yang saya kenal.

Baru-baru ini public agak ramai membicarakan Prof Dr Bagir Manan SH,sang Ketua Mahkamah Agung RI.Lantas saya teringat kepada keadaan sekitar 30 tahun yg lalu di Bandung.Pada saat mengikuti kuliah di tingkat lima(terakhir) di ITB,jurusan Elektroteknik,kami mendapat kuliah mengenai Hukum Perburuhan.Kuliah ini seolah-olah dipersiapkan bagi para mahasiswa yang sebentar lagi akan terjun ke dunia lapangan kerja.Sipemberi kuliah adalah seorang dosen muda dari Fakultas Hukum Universitas Pajajaran Bandung.Caranya memberi kuliah adalah sangat biasa saja.Sebagaimana biasa anak-anak ITB itu terkenal dengan pertanyaan yang konyol-konyol,namun sipemberi kuliah yaitu pak Bagir Manan SH,melayaninya dengan sabar.Kalau-kalau beliau sudah agak kepepet tidak bisa memuaskan sipenanya,maka beliau mengeluarkan jurus-jurus pamungkasnya berupa istilah-istilah hukum yg kami kurang mengerti yg kebanyakan dinyatakan dalam bahasa Belanda. Setelah saya lulus dari ITB dan kerja di PLN,kira-kira 20 tahun kemudian saya membaca di media bahwa pak Bagir Manan telah mendapatkan S3 dari UNPAD juga dan telah menjadi salah seorang Dirjen di Departemen Hukum dan Ham.Dan setelah reformasi bergulir,beliau menjadi Hakim Agung dan terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung karena GUS DUR kurang suka dengan Prof Muladi yg juga menjadi calon kuat bersama Prof Bagir Manan. Kesan saya ,Prof Bagir Manan adalah seorang yg sangat sederhana,sederhana dalam penampilan,demikian juga dalam perbuatan,tidak akan ada terobosan-terobosan,semuanya sesuai dengan aturan-aturan yg baku.Selama memberi kuliah sering saya lihat beliau datang dengan berjalan kaki dari UNPAD ke ITB,dan sering kali memakai baju putih lengan panjang,tanpa dasi.Rasanya kalau untuk korupsi sepertinya diluar kepribadiannya.Semoga saya tidak salah duga.Mantan mahasiswanya Ir B Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home