Sunday, December 03, 2006

Prof Samaun Samadikun yg saya kenal.

Baru-baru ini,di awal bulan Nopember 2006,salah seorang putra terbaik dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.Beliau adalah Prof Dr Samaun Samadikun,jabatan terakhirnya adalah sebagai Ketua LIPI, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,sebelumnya juga pernah menjabai sebagai Direktur Jenderal Ketenagaan Departemen Pertambangan dan Energi.Saya mengenal beliau secara dekat adalah pada saat mendapatkan kuliahnya di ITB,Pengantar Elektronika,suatu mata kuliah yang sangat dia sukai,dan gelar Doktornya dalam bidang itu didapatkannya dari salah satu universitas di Inggris.Buat kami sebagai mahasiswa Teknik Tenaga Listrik,kuliah ini hanyalah sebagai pelengkap.Namun karena kuliah pelengkap itulah,dan beliau membawakannya dengan enak dan santai,kami menjadi tertarik.Selama kuliah satu semester,terlihat bahwa beliau benar-benar seorang guru besar,seorang yg rendah hati.Pernah terjadi satu peristiwa kecil,pada saat saya menjadi Ketua Tim Akademis dari Himpunan Mahasiswa Elektroteknik,berdiskusi dengan staf pengajar Jurusan Elektroteknik,dipimpin oleh Ketua Jurusan Dr Muhammadi.Pada saat diskusi berlangsung,tiba-tiba Dr Muhammadi dipanggil oleh Rektor pada saat itu Prof Dody Tisnaamijaya,dan spontan Dr Muhammadi menunjuk Prof Dr Samaun Samadikun meneruskan memimpin diskusi.Satu hal yg saya kagumi,beliau menerima dengan baik,walaupun beliau lebih senior dari Dr Muhammadi,dan kemudian melaporkan hasil diskusi dengan sopan.Beliau sungguh seorang Demokrat,seorang ilmuan,seorang birokrat.Pada saat beliau menjadi Dirjen Ketenagaan,beliau mendampingi Menteri Pertambangan dan Energi Prof Dr Subroto meninjau Load Dispatching Centre di Waru,yg melakukan pengaturan beban listrik di Jawa Timur,saya sengaja agak menjauh, karena beliau sudah menjadi orang besar,sementara saya hanya seorang Insinyur Baru yang kebetulan menjadi Kepala Gardu Induk Waru.Rupanya beliau memperhatikan saya,karena pernah menjadi mahasiswanya,saya ditegurnya dan kamipun bertukar informasi tentang berbagai hal.Saya sangat mengenangnya,karena kebaikannya,semoga arwah beliau diterima disisi-Nya.Alumni ITB,Ir B Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home