Sunday, June 29, 2008

Saya menjadi Komisaris Utama PT Citacontrac.

Saya pensiun dari PT PLN(Persero) terhitung 1 September 2003,dengan jabatan terakhir Ahli Utama Transmissi(Penyaluran),dan pangkat peringkat Satu.Sekedar perbandingan,seorang Sarjana yang baru diterima di PLN,diberi peringkat 16(enam belas).Kalau kondite seseorang baik,maka dia bisa naik peringkat setiap dua tahun.Hal yang luar biasa,dapat terjadi kalau seorang pegawai tenaganya sangat dibutuhkan,sehingga dia bisa mendapat kenaikan peringkat dua atau tiga. Sebelum saya pensiun Direksi PT PLN,melalui YPK,Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan pegawai PLN,menugaskan saya menjadi Komisaris Utama PT Citacontrac,terhitung mulai 15 Pebruari 2002. Perusahaan ini pada mulanya adalah milik para sesepuh/mantan Direksi PLN,dan YPK hanya memiliki sahamnya 20% saja.Namun karena kesulitan sebagai akibat terjadinya Krisis Moneter pada tahun 1998,sebagaimana semua perusahaan mengalami kesulitan,tidak terkecuali PT Citacontrac.PT ini bergerak dalam bidang Kontraktor dan Perdagangan Umum.Karena kesulitan tersebut,maka para pemilik, termasuk YPK,meminta bantuan Direksi PLN,agar dapat menyelamatkan Perusahaan ini dari kepailitan. Semula Direksi PLN,enggan untuk membantunya,karena ada kekuatiran timbulnya penafsiran lain,namun Dirut PLN,Ir Eddie Widiono,mempunyai pandangan tersendiri dalam menangani kasus ini.Dia merasa ada tetangga kita yang jatuh pingsan didepan rumah kita,masak tidak ditolong.Berdasarkan pandangannya itulah melalui YPK,membeli saham dari pemilik yang lain,lalu YPK memiliki 96%,sedangkan yang 4% tetap dimiliki oleh pemegang saham yang lama,untuk menjaga kesinambungan informasi kalau ada masalah dikemudian hari.Selama saya menjadi Komisaris Utama PT Citacontrac,Direksi PT Citacontrac,telah berganti tiga kali,mulai dari Ir.Mekar Napitupulu,mantan General Manajer PT PLN Jasa Enjineering,Ir.Budi Hardjanto,mantan General Manajer PT PLN Jawa Timur,dan kini Ir.Bambang Mulyojati,mantan General Manajer PLN Proyek Induk Sumatera Utara dan Aceh.Secara bertahap kondisi Perusahaan makin baik,dari yang semula neracanya sudah mengalami defisit,kini berubah menjadi positif alias surplus.Sampai dengan tanggal 1 Juli 2008 ini,kalau RUPS belum mengganti saya dari jabatan Komisaris Utama ini,maka telah saya jalani hampir 6,5 tahun.Saya telah mempersiapkan diri untuk diganti setiap saat,karena peremajaan itu tidak bisa ditunda.Semoga untuk tahun-tahun mendatang PT Citacontrac semakin jaya. Ir.Berlin Simarmata MM.

4 Comments:

Blogger elyas said...

Dengan, seiring waktu berjalan bagaikan roda sedang berputar, kadang diatas dan kadang pula dibawah. hukum itu tidak pernah berubah (diatas), semoga perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik. dengan berjalannya waktu baik dari dari SDM nya maupun dari managementnya.

TETAP JAYA PT.CITACONTRAC

8:55 PM  
Blogger ponco utomo said...

semoga pt.citacontrac bisa seperti dulu 1th yang lalu dan karyiwan yang off untuk jawa tengah segera dipangil kembali untuk bekerja amin amin ... ponco susilo utomo pelaksana p2tl jawa tengah yang sudah dioff

9:38 AM  
Blogger ponco utomo said...

This comment has been removed by the author.

9:41 AM  
Blogger ray yonder said...

Mohon di tegaskan karyawan PT Citacontrac yang mau berbuat nakal.. mencabut segel meteran saya dan di kantongi bawa pulang.. dimintain ID dan KTP pun saya di ancam akan bawa polisi ke sini.. kinerja kerja yang buruk.. dan seperti ada unsur penipuan serta pemerasan (Dilihat dari gelagatnya)

10:18 PM  

Post a Comment

<< Home