Monday, March 12, 2007

Prof Dr Koesnadi Hardjasumantri SH yg saya kenal.

Pada hari Rabu,tanggal 7 Maret 2007,pagi sekitar jam 7.00 ,sebelum berangkat ke kantor PT Citacontrac dimana saya bertugas sebagai Komisaris Utama,saya sempat mendengar warta berita dari RCTI,bahwa pesawat Garuda,pesawat kebanggaan Republik,terbakar pada saat landing di lapangan udara Adisucipto,Yogyakarta.Pada saat saya sampai di kantor,sudah mulai ketahuan bahwa ada sejumlah penumpang yang menjadi korban.Salah satu adalah Prof Dr Koesnadi Harjasumantri SH, beliau lebih populer sebagai mantan Rektor UGM,disamping segudang jabatan yang pernah dipangkunya dan sedang diembannya.Saya mengenal beliau secara dekat pada tahun 1971 atau 1972,pada saat beliau menjabat sebagai Direktur Pendidikan Tinggi,dan saya saat itu menjabat sebagai Ketua I MPM ITB.Saya bersama Ketua Dewan Mahasiswa ITB, ada dua atau tiga kali berkunjung ke kantor beliau di Jakarta,untuk meminta kesediaan beliau hadir di kampus ITB,baik sebagai penceramah maupun sebagai panelis dalam berbagai diskusi.Kesan saya,beliau orangnya sangat energik,ramah,dan siap diajak berbicara dalam berbagai topik.Orangnya memang,tidak terlalu tinggi namun cenderung gemuk.Ada beberapa teman beliau yang masih tinggal seasrama dengan kami,karena beliau adalah pencetus PTM,Perbantuan Tenaga Mahasiswa ke sejumlah daerah untuk beberapa tahun,lalu kuliahnya agak tertunda.Almarhum sendiri menjadi Sarjana Hukum baru pada tahun 1964,karena berbagai kesibukannya.Yang paling mengagumkan,selepas Direktur Pendidikan Tinggi,ditugaskan menjadi Atase Pendidikan di negara Belanda,dan waktu itu dimanfaatkannya mengambil gelar Doktor.Saya sudah bekerja di PLN,dan saya baca di koran,beliau diangkat menjadi Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup,pada saat Prof Emil Salim menjadi menterinya,karena beliau ahli hukum lingkungan hidup. Tidak lama kemudian saya baca lagi di media,bahwa beliau terpilih menjadi Rektor almamaternya.Pada saat kecelakaan pesawat ini terjadi,beliau masih menjabat Rektor ISTN di Jakarta,dan saya sudah pensiun dari PLN dan bertugas sebagai Komut satu perusahaan swasta.Semoga arwah almarhum diterima disisiNya.Seorang pengagum almarhum,Ir Berlin Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home