Saturday, December 09, 2006

Dr Ir Kuntoro Mangkubroto yg saya kenal.

Karier puncak Pak Kuntoro adalah Menteri Pertambangan dan Energi,walaupun hanya 3 bulan,di akhir kekuasaan Presiden Suharto.Jabatan beliau sekarang adalah Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh dan Nias.Sebelumnya pak Kuntoro pernah menjabat Dirjen Pertambangan, Dirut PT Timah dan Dirut PT Bukit Asam.Saat ada persoalan di PLN,Ir Adhi Satria mengundurkan diri sebagai Dirut pada zamannya GUS DUR sebagai Presiden,maka Dr Ir Kuntoro,mantan Menteri Pertambangan ditunjuk sebagai Dirut PLN.Saya mengenal Pak Kuntoro, karena kami sama-sama masuk ITB diujung tahun 1965,hanya beda jurusan,beliau mengambil jurusan Mesin dan saya jurusan Listrik.Kemudian dia memilih jurusan Teknik Industri tatkala ada pemekaran jurusan Mesin menjadi jurusan Mesin dan jurusan Teknik Industri.Kami lulus hampir bersamaan,hanya saya langsung menjadi pegawai PLN sementara dia menjadi dosen di almamater kami.Dia mengambil S2 di AS dan S3nya di ITB.Tatkala sama-sama menjadi mahasiswa,saya tidak melihat dari dia ada prestasi yg menonjol.Tidak pernah menjadi pimpinan mahasiswa,hanya dia aktif di Resimen Mahasiswa dan olah raga sepak bola.Namun kemudian hari saya terkagum-kagum melihat perkembangan kariernya,dari dosen di ITB,lalu menjadi Pembantu Asisten Menteri Muda Urusan Produksi Dalam Negeri,yg saat itu dijabat oleh Dr Ir Ginanjar Kartasasmitra dan seterusnya menjabat jabatan yg disebut terdahulu.Dari zaman orde baru sampai kepada orde reformasi Pak Kuntoro tetap exis.Namun pada saat dia menjadi Dirut PLN saya tetap menjaga jarak,karena memang tidak pintar untuk mendekatkan diri,walaupun sudal lama kenal dengan dia di kampus Ganesya. Alumni ITB Ir Berlin Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home