Tuesday, July 21, 2009

Pandangan terhadap buku Akbar Tandjung dan Partai Golkar Era Reformasi.

Buku Akbar Tanjung dan Partai Golkar Era Reformasi,adalah buku yang kedua saya terima dari Saudara Akbar Tandjung(Ketua Umum Partai Golkar 1999-2004),dan saya membutuhkan waktu agak lama untuk membacanya keseluruhan,karena saya membacanya sepotong-sepotong,selalu diselingi dengan kegiatan lain.
Perjalanan Golkar memang mengharukan. Partai ini bercikal-bakal dari sekelompok organisasi sosial kemasyarakatan yang mencita-citakan semangat kekaryaan sebagai nafas kehidupan. Mereka tidak mau terjebak dalam semangat primordialisme atau pensekatan sosial berdasarkan alasan-alasan kultural. Gagasan ini disambut hangat oleh Orde Baru. Sayangnya,persuaan ide,gagasan dan perjuangan ini ternyata dipraktekkan secara berbeda. Realitasnya Golkar hanya dijadikan instrumen kekuasaan,tanpa bisa melawannya.
Suasana menjadi problematis tatkala Orde Baru jatuh pada tahun 1998. Hampir saja Golkar terseret dalam arus kematiannya. Namun perjuangan tidak kenal lelah dan kesabaran tinggi Akbar Tandjung dan segenap pengurusnya mampu menyelamatkan partai Golkar dari kehancuran. Tekanan yang bertubi-tubi dijawab dengan kesabaran dan tidak pernah tergoda bersikap reaktif yang hanya menguntungkan kepentingan jangka pendek. Sebaliknya,mereka justru memprioritaskan menata Partai Golkar menjadi partai baru yang modern,demokratis dan menjunjung tinggi pluralisme sesuai dengan tujuan dasarnya. Kesetiaan terhadap doktrin asal inilah yang kini mulai membuahkan hasil. Rakyat kembali memberikan kepercayaan dalam bentuk kemenangan pada Pemilihan Umum 2004.Pembaca; Ir.Berlin Simarmata MM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home