Friday, December 11, 2009

Membaca buku Kisah Pengalaman Ir.H.A.Ramelan Wirasudarma.

Ir.Haji Achmad Ramelan Wirasudarma,adalah seorang warga PLN yang telah purnawirawan. Dengan usianya yang sudah 74 tahun,masih berhasil menuliskan pengalamannya dalam sebuah buku biografi,terdiri dari 166 halaman. Tanggal 4 Desember 2009,saya menerima buku tersebut,dan saya langsung membacanya secara acak. Apa dasarnya saya dikirimi oleh pak Ramelan buku biografinya itu ? Itu bermula,pada tahun 1998,kami bertemu di PLN Pusat,atau tepatnya terjadi mutasi besar-besaran di PLN Pusat,karena ada organisasi baru. Seperti biasanya organisasi hanyalah alat untuk mencapai tujuan. Direksi menganggap organisasi lama sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman,maka diadakanlah penyesuaian. Tegasnya Direksi dengan Komando Dirut,membawahi beberapa Divisi,Divisi membawahi beberapa Dinas,dan Dinas membawahi beberapa Bagian,dan Bagian terdiri dari beberapa Seksi. Disamping itu ada juga jabatan fungsional secara berjenjang.
Pak Ramelan dan saya masuk dalam Divisi Pembinaan Pengusahaan. Kami ada 6 orang yg menjadi KD di Divisi ini. Dua orang sudah sangat senior,baik usia maupun pengalaman hampir sama dengan KDIV kami,yaitu Pak Arsi dan Pak Ardi. Dua orang lagi relatif muda dari segi usia,tapi pintar-pintar,yaitu pak Iman dan pak Sulaiman.Mereka mendapatkan promosi vertikal dari Kabag menjadi KD,sedang Pak Arsi dan pak Ardi tetap saja KD,mutasi horizontal. Pak Ramelan dan saya sedikit promosi,atau lebih tepat mutasi silang. Pak Ramelan di Bandun adalah Deputy Pemimpin utk PLN Jabar,bidang pengusahaan,sedangkan saya di Medan adalah Deputy Pemimpin utk PLN Sumut,bidang perencanaan. Karena reorganisasi ini besar-besaran,kami berdua kesulitan kamar kerja,utk kantor PLN Pusat,mulai kepala Dinas ke atas yg punya kamar kerja,kepala Bagian kebawah,rame-rame diruangan besar. Ada satu kamar KD yg kosong,karena pejabatnya pindah ke Ditjend Listrik dan Energi Baru,tapi teman kami pak Iman dan Sulaiman,tidak mau ngambil,mereka berdua sepakat,biarlah kamar itu utk pak Ramelan dan pak Berlin. Enam bulan kami berdua satu kamar kerja,setelah itu setiap KD sudah punya kamar kerja.Disinilah persahabatan kami berempat mulai terbina,dan pak Ramelan sebagai orang yg dituakan di kami berempat selalu dapat menciptakan suasana harmonis,dan pak Sulaiman selaku orang yg paling muda,juga pintar menempatkan diri.Sesuai perkembangan waktu,kamipun akhirnya berpisah juga,pak Ramelan pensiun,dan kami bertiga menjadi KDIV dgn lain-lain bidang,dan akhirnya pada pensiun.
Buku biografi pak Ramelan terdiri dari beberapa bab sbb:
1.Bertugas di Irian Barat(Papua) dari tahun 1962-1966.
2.Bertugas di PLN Sektor Priangan dari tahun 1966-1968.
3.Bertugas di PLN Sektor Cirebon dari tahun 19681971.
4.Bertugas di PLN Cabang Bandung dari tahun 1971-1976.
5.Bertugas di PLN Cabang Kebayoran dari tahun 1976-1979.
6.Bertugas sbg Deputy Pemimpin Bidang Pengusahaan PLN Jabar,dari tahun 1979-1987.
7.Bertugas di PLN Pusat sebagai KD dan merangkap Ahli Utama.
8.Kegiatannya setelah pensiun.
Banyak hal yg pantas ditiru oleh kaum muda,terutama adik-adik,yg sekarang mendapat kesempatan memimpin PLN,baik ditingkat yg paling bawah,sampai kepada Direksi. Semoga PLN makin baik dimasa mendatang.
Sahabat dari pak Ramelan : Ir.Berlin Simarmata MM.

1 Comments:

Blogger Sandi Sutresna said...

Allaahummaghfir lahuu warhamhu wa'aafihii wa'fu'anhu, innalillaahi wa innaillaihi rojiuun pada hari ini Minggu 6 Desember 2015 beliau bapak H. Achmad Ramelan Wirasudarma telah meninggalkan kita semua untuk selamanya, mudah-mudahan almarhum di terima iman islamnya, diampuni segala kekhilafannya dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan kesabaran dan ketawakalan oleh Allah SWT Aamiin Ya Allah ya robbal alamin... (Sandi Sutresna eks KONSUIL Area 1 Bandung Raya)

7:11 AM  

Post a Comment

<< Home